pengertian mitos, legenda dan cerita rakyat

BERENANG DENGAN CELANA , BAJU , ATRIBUT HIJAU DI KAWASAN NYI RORO KIDUL BAKAL MATI TERSERET ARUS ?

Pasti sangat sering sekali kalian mendengar mitos yang satu ini , sudah banyak sekali korban yang terseret di pantai selatan dan jasad nya tidak di temukan dan sayangnya banyak sekali orang yang mengaitkan insiden tragis ini ke mitos kuno tersebut , padahal fenomena tersebut dapat di jelaskan dengan ilmu pengetahuan.

Sumber : http://bunkimliong.blogspot.com/2012/08/beberapa-mitos-di-indonesia-yang.html

Faktanya :

Para praktisi ilmu kebumian menegaskan bahwa penyebab utama hilangnya sejumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, adalah akibat terseret “rip current”. Dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik itu tidak hanya kuat, tetapi juga mematikan. Kepala Laboratorium Geospasial Parangtritis, I Nyoman Sukmantalya mengatakan, sampai sekarang informasi mengenai rip current amat minim. Akibatnya, MASYARAKAT MASIH SERING MENGAITKAN peristiwa hilangnya korban di pantai selatan DI Yogyakarta dengan hal-hal yang berbau MISTIS.

Ada banyak hal tabu atau kejadian yang dianggap mitos bisa dijelaskan secara ilmiah agar masyarakat awam tidak salah paham dalam menginterpretasikan kejadian ini. Mungkin memang ada beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah,akan tetapi dengan penjelasan ilmiah ini sesuatu yang yang dianggap sebagai hal yang mistis bisa dijelaskan dengan akal sehat manusia yang memiliki logika. Jadi sebenarnya tidak ada larangan dalam menggunakan pakaian dalam berbagai warna termasuk hijau di pantai parangritis penyebab banyaknya wisatwan karena kurang kewaspadaannya terhadap arus ombak yang datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s