PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET 1A

1. SYARAT DAN ETIKA DALAM MELAKUKAN PUBLIKASI ONLINE

PULIKASI

Secara terminologi, publikasi berarti penyiaran, pengumuman atau penerbitan,Ton kertapati menjelaskan dalam bukunya “Dasar – Dasar Publisistik Dalam Perkembangannya” Di Indonesia Menjadi Ilmu Komunikasi bahwa istilah publisistik berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. Dari pengertian di atas penulis dapat menarik kesimpulan bahwa publikasi itu sendiri ialah suatu penyampaian dari suatu pesan atau informasi yang diterbitkan baik melalu media cetak atau elektronik, publikasi itu sendiri banyak manfaatnya bagi kita apalagi di dewasa ini dengan semakin majunya dunia teknologi dunia informasi pun bertumbuh dengan pesat misalnya media jejaring sosial yang lagi marak-maraknya digunakan sebagai media publikasi baik itu informasi formal, non formal atau untuk hanya sekedar memasarkan produk-produk.

Istilah publisistik berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. Dari penjelasan tersebut, penulisdapat menarik kesimpulan bahwa istilah publikasi dapat diartikan sebagai pengumuman tentang suatu hal yang disiarkan lewat media elektronik atau diterbitkan di media cetak

ONLINE

Pengertian dari online itu sendiri adalah terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online ini juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan dimana sebuah device (komputer) terhubung dengan device lain, biasanya melalui modem. Dari pengertian di atas penulis menari kesimpulan bahwa online adalah keadaan dimana komputer terhubung dengan internet baik melalui modem, wi fi atau lan dan baik sedang digunakan atau tidak oleh pengguna komputer tersebut.

Namun adakah dampak atau hubungan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat dewasa ini dengan perkembangan publikasi? saat ini telah di temukan sebuah inovasi baru dalam kegiatan publikasi, yaitu publikasi online
adapun pengertian dari publikasi online adalah :
“informasi, pesan atau pengumuman dalam bentuk online yang diterbitkan dan diumumkan dalam dunia internet melalui media elektronik baik melalui komputer, leptop, handphone atau apa saja yang dapat terhubung dalam dunia online”

banyak yang dapat kita lakukan dalam publikasi online misalnya, berjualan atau memasarkan produk-produk baru atau produk bekas sekalipun banyak juga perusahaan atau hanya sekedar home production yang dipasarkan melalui publikasi online, semua itu sangat bermanfaat dan lebih hemat sebab hanya dengan menggunakan koneksi internet kita sudah dapat menyalurkan serta menyebarkan apa yang kita butuh informasikan ke pada seluruh masyarakat, baik itu dalam atau pun luar negeri. mengingat jangkauan koneksi internet yang sangat luas.

ETIKA PUBLIKASI
Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
a.Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
b.Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
c.Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
d.Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.

Dasar-dasar etika yang perlu diketahui :
– Jujur dalam mencantumkan sumber dan penulis
– Kutip seperlunya
– Bijak dalam meng-copy sebuah situs

Jadi dari pengertian yang diatas publikasi online adalah suatu informasi atau pesan atau pengumuman dalam bentuk online atau diterbitkan atau di umumkan dalam dunia internet melalui media elektronik baik melalui komputer, laptop atau apa saja yang dapat terhubung dalam dunia online. Atau secara singkatnya publikasi online merupakan situs yang ditujukan untuk mempublikasikan dan media promosi produk secara online.

Banyak sekali manfaat dari publikasi online ini apalagi di jaman sekarang yang rata-rata masyarakat diseluruh dunia dapat terhubung atau menggunakan internet untuk alat mencari atau bertukar informasi, banyak yang dapat dilakukan dalam publikasi online misalnya berjualan atau memasarkan produk-produk baru atau produk bekas sekalipun banyak juga perusahaan atau hanya sekedar home production yang dipasarkan melalui publikasi online, semua itu sangat bermanfaat dan lebih mengirit biaya karena biayanya relatif murah dan lumayan bagus karena tidak hanya masyarakat dalam negeri saja bahkan dunia pun bisa tahu saat kita mulai menggunakan publikasi online ini. Maka dari itu publikasi online sangat berguna untuk kita di jaman modern dan serba cepat ini.

Sumber:
http://mazayadesya.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://alyousjr.blogspot.com/2012/11/psikologi-dan-teknologi-internet.html

 

2.PLAGIATISME

Plagiatisme atau plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah atau universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Terkadang tanpa kita sadari kita sendiri juga sudah melakukan plagiatisme dengan melakukan copy paste sebagai bahan untuk mengerjakan tugas yang di berikan oleh dosen kita. Akan tetapi kesadaran kita rendah untuk mengakui hal tersebut. Dengan tidak mencantumkan dari mana sumber yang kita dapatkan itu sama aja kita melakukan plagiatisme atau yang biasa di sebut plagiat. Maraknya pemberitaan mengenai plagiat juga sering kita lihat dan kita dengar baik melalui media masa maupun media elektronik. Sebagai contoh kasusnya seperti plagiat yang di lakukan oleh girl band indonesia Cherry Belle dituduh plagiat lagu girlband asal Korea, SNSD, yang berjudul “Kissing You”. Kabarnya, personel SNSD sudah mengetahui mengenai hal tersebut. Hal tersebut diungkap salah seorang member Kaskus bernama Ophieta yang memposting pada tanggal 2 Juni 2012 kemarin. Dia juga menulis pernyataan dua orang personel SNSD, Yuri dan Seohyun. Sebagai generasi muda dan tahu apa konsekuensi yang kita dapatkan dari plagiatis tersebut kita patut menyadari dan berusaha untuk menghargai karya orang lain. Lebih baik menggunakan karya kita sendiri apapun itu bentuknya dari pada kita melakukan plagiat. Itu sama saja kita melakukan tindak kejahatan dengan mengambil karya orang lain.
Plagiatisme, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,ialah penjiplakan yang melanggar hak cipta, yaitu hak seseorang atas hasil penemuannya yang dilindungi oleh undang-undang. Plagiat adalah pengambilan karangan atau hasil karya dari orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan atau pendapat sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri. Orang yang melakukan plagiat disebut plagiator atau penjiplak.

Adapun tindakan yang digolongkan sebagai plagiatisme :
1. Menggunakan tulisan orang lain secara mentah, tanpa memberikan tanda jelas (misalnya dengan menggunakan tanpa kutip atau blok alinea yang berbeda) bahwa teks tersebut diambil persis dari tulisan lain
2. Mengambil gagasan orang lain tanpa memberikan anotasi yang cukup tentang sumbernya
3. Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,
4. Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
5. Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri
6. Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
7. Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya
8. Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
9. Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.

adapun hal-hal yang bukan termasuk plagiatisme :
1. menggunakan informasi yang berupa fakta umum.
2. menuliskan kembali (dengan mengubah kalimat atau parafrase) opini orang lain dengan memberikan sumber jelas.
3. mengutip secukupnya tulisan orang lain dengan memberikan tanda batas jelas bagian kutipan dan menuliskan sumbernya.

Yang termasuk korban plagiatisme adalah orang yang pekerjaannya disalin dan digunakan, atau disebarluaskan secara tidak bertanggung jawab (direct victim), dan institusi tempat penelitian dilakukan. Association for Information Systems (AIS) membentuk komite untuk menyelidiki tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab termasuk plagiatisme. Tetapi pembentukan komite tersebut dapat juga menciptakan masalah apabila mandat yang diberikan terlalu besar atau tidak fokus.

Berikut merupakan faktor-faktor penyebab terjadinya plagiatisme :
• Tekanan informal dan formal pada peneliti untuk menerbitkan karya mereka dalam jurnal terkenal. Seringkali peneliti mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalah ini yaitu dengan melakukan plagiat.
• Pengetahuan yang terbatas mengenai sejauh mana Idea-borrowin g (penyaduran) diperkenankan dan konsekuensi dari plagiatisme untuk kedua pihak, bagi korban dan plagiaris. Misalnya untuk menggunakan beberapa bagian artikel yang sudah pernah dipublikasikan, harus disertakan referensi dari sumber asli yang bersangkutan.
• Sistem yang menyulitkan pemberian hukuman atas plagiatisme. Misalnya apabila sebuah artikel dan artikel hasil plagiat diterbitkan pada waktu yang hampir bersamaan akan sulit untuk menentukan mana yang asli dan tidak. Selain itu lebih parahnya, si plagiator bisa berbalik menyatakan bahwa karyanya lah yang diplagiat.

Sumber:
http://siskamega.blogspot.com/2012/10/plagiatisme.html
http://samisayoga.wordpress.com/2011/06/03/plagiatisme/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s