PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Gambar

 

Definisi Internet

Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan ribuan jaringan komputer yang melalui sambungan telepon umum maupun pribadi (pemerintah maupun swasta). Internet juga merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi dengan jaringan komputer lainnya ke seluruh penjuru dunia.Selain itu internet juga mencakup perangkat lunak yaitu berupa data yang dikirim dan disimpan dan sewaktu-waktu dapat diakses. Kumpulkan beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama lain dapat menciptakan fungsi sharing yang secara sederhana hal ini dapat disebut jaringan networking. Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa internet merupakan hubungan jaringan di dunia yang berbeda sistem 16 operasi maupun aplikasinya dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi yang menghubungkan situs akademik,pemerintahan,komersial dan organisasi

 

Definisi teknologi dan perkembangannya

Definisi teknologi adalah penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Pada saat ini perkembangan teknologi informasi (internet) telah merambah berbagai bidang dengan fasilitas elektronika-nya yaitu, e-life, e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversity, dan masih banyak yang lainnya.
Teknologi internet semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, kecil, murah, mudah, efektif dan efisien. Proses berkomunikasi pun memiliki ciri dan sifat yang seperti itu, khususnya efektif. Proses mengirimkan pesan dari Indonesia ke Kanada tidak usah menunggu hingga berminggu-minggu berkat e-mail.

 

Definisi Prestasi Belajar

Winkel ( 1987)  menyatakan bahwa prestasi belajar  adalah hasil penilaian pendidik terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa. Penilaian yang dimaksud  adalah penilaian yang dilakukan untuk menentukan seberapa jauh proses belajar dan hasil belajar telah sesuai dengan tujuan intruksional yang sudah ditetapkan  baik menurut aspek isi maupun aspek prestasi.

Banyak cara untuk mengukur prestasi belajar siswa. Pelajar dapat melakukanya dengan cara mengajukan pertanyaan lisan, memberikan pekerjaan rumah atau tugas tertulis atau melihat penampilan actual dari tugas ketrampilan dan tes tertulis (crow and crow 1984). Winkel (1983) berpendapat bahwa cara mana yang akan digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa biasanya berkaitan dengan tujuan dan bidang prestasi belajar yang akan di evaluasi.

 

Kajian terhadap jurnal :

Seiring perkembangan zaman, pemanfaatan internet untuk pendidikan di Indonesia khususnya di perguruan tinggi terus berkembang. Pemanfaatan internet untuk pendidikan ini tidak hanya untuk pendidikan jarak jauh. Kini sudah banyak lembaga pendidikan terutama perguruan tinggi yang sudah mulai merintis dan mengembangkan cara – cara pembelajran seperti ini. Sehingga banyak manfaat dan memudahkan dalam membantu menjelaskan beberapa materi yang memerlukan modelnya yang nyata akan sak;ngat sulit. Bukan hanya dalam hal membawa objek dan juga membutuhkan tenaga waktu dan tempat yang memadai.   

Teknologi informatika sangat penting dan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis IT merupakan pembelajaran yang memadukan antara suatu proses pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran. Media tersebut bersifat teknologi, baik itu berupa internet, penggunaan video, LCD (infokus), tablet, pc, dan lain-lain. Suatu proses pembelajaran berbasis IT sangat memungkinkan siswa untuk bisa bereksplorasi, berkreatifitas , menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, dan tentunya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang positif.

Menurut Munir (2008: 113-114) Ada dua jenis media pembelajaran, yaitu media pembelajaran sederhana dan media pembelajaran modern. Media pembelajaran sederhana meliputi papan tulis, sedangkan media pembelajaran modern meliputi komputer dan internet. Jenis media pembelajaran yang lain, yaitu obyek nyata, buku, kertas flip charts, papan tulis, OHP, power point, slide, video, grafik, audio, dan software komputer. Media yang menampilkan gerak adalah video dan software komputer, dan media yang hanya mereproduksi suara adalah audio dalam bentuk tape maupun LCD.

Pentingnya suatu media dalam pembelajaran menegaskan pula bahwa peran pembelajaran berbasis IT pun sangat penting. Saat ini di setiap  sekolah – sekolah hampir secara keseluruhan telah mengenalkan pembelajaran berbasis IT di sekolah-sekolahnya.

  1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
  2. Mampu menimbulkan rasa senang selama pembelajaran berlangsung, sehingga akan menambah motivasi belajar siswa
  3. Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mengukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran
  4. Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak
  5. Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel
  6. Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
  7. Menampilkan objek yang terlalu besar ke dalam kelas; dan
  8. Menampilkan objek yang tidak dapat dilihat secara langsung.

Kelebihan – kelebihan media pembelajaran berbasis TIK akan mendukung keberhasilan pembelajaran prestasi yang bisa diraih oleh para siswa sebagai berikut :

  1. Dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pemebelajaran yang sedang dibahas, karena dapat menjelaskan konsep yang sulit atau rumit menjadi mudah atau lebih sederhana. 
  2. Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata, tidak dapat dilihat langsung) menjadi 23 konkrit (nyata dapat dilihat, dirasakan, atau diraba), seperti menjelaskan peredaran darah dan organ-organ tubuh manusia pada mata pelajaran Sains.
  3. Membantu pengajar menyajikan materi pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga peserta didik pun mudah dipahami, lama diingat dan mudah diungkapkan kembali. 
  4. Menarik dan membangkitkan perhatian, minat, motivasi, aktivitas, dan kreativitas belajar peserta didik, serta dapat menghibur peserta didik. 
  5. Materi pembelajaran yang sudah dipelajari dapat diulang kembali (playback). Misalnya menggunakan rekaman video, compact disk (cakram padat), tape recorder atau televisi.
  6. Dapat membentuk persamaan pendapat dan persepsi yang benar terhadap suatu obyek, karena disampaikan tidak hanya secara verbal, namun dalam bentuk nyata menggunakan media pembelajaran.
  7. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga peserta didik dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya, sehingga memberikan pengalaman nyata dan langsung. Misalnya peserta didik mempelajari tentang jenis-jenis tumbuhan. Mereka dapat langsung melihat, memegang, atau merasakan tumbuhan tersebut. 
  8.  Membentuk sikap peserta didik (aspek afektif), meningkatkan keterampilan (psikomotor).
  9.  Peserta didik belajar sesuai dengan karakteristiknya, kebutuhan, minat, dan bakatnya, baik belajar secara individual, kelompok, atau klasikal. 
  10. Menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa TIK akan mendukung keberhasilan pembelajaran karena dapat memberikan pemahaman yang lebih, penyajian materi pembelajaran lebih menarik, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta dapat menghemat waktu tenaga dan biaya 

 

Fungsi Internet

            Sebenarnya internet memiliki keuntungan jika bisa kita gunakan secara bijak untuk kepentingan pendidikan dalam bentuk apapun. Kerna internet memiliki fungsi – fungsi sebagai berikut :

  1. Media komunikasi
  2. Media pertukaran data
  3. Pencarian bahan pembelajaran
  4. Media pembelajaran tanpa guru
  5. Memudahkan dan mempercepat pengiriman jarak jauh
  6. Menghemat waktu dan biaya

 

Factor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu:

1) Faktor internal

    Faktor ini berkaitan dengan segala yang berhubungan dengan diri siswa itu sendiri berupa motivasi, minat, bakat, kepandaian, kesehatan, sikap, perasaan dan faktor pribadi lainnya.

 2) Faktor eksternal

    Faktor ini berhubungan dengan pengaruh yang datang dari luar diri individu berupa sarana dan prasarana, lingkungan, masyarakat, guru, metode pembelajaran, kondisi social, ekonomi, dan lain sebagaianya.

3) Faktor Intelegensi

Intelegensi dalam arti sempit adalah kemampuan untuk mencapai prestasi disekolah yang didalamnya berpikir perasaan. Intelegensi ini memegang peranan penting bagi prestasi belajar siswa. Karena tingginya peranan intelegensi dalam mencapai prestasi belajar maka guru harus memberikan perhatian yang sangat besar terhadap bidang studi yang banyak membutuhkan berpikir secara rasional untuk mata plajaran matematika, fisika, dan kimia.

4) Faktor Minat

Minat adalah kecenderungan yang mantap dalam subyek untuk merasa tertarik pada bidang tertentu. Siswa yang kurang minat dalam pelajaran tertentu akan menghambat dalam belajar.

5) Faktor Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga turut mempengaruhi kemajuan hasil kerja, bahkan mungkin dapat dikatakan menjadi faktor yang sangat penting, karena mendukung situasi belajar seperti kericuhan keluarga, kurang perhatian orang tua, kurang perlengkapan belaja akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya belajar.Faktor Sumber-Sumber Belajar Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan dalam proses belajar adalah tersedianya sumber belajar yang memadai. Sumber belajar itu dapat berupa media atau alat bantu belajar serta bahan baku penunjang. Alat bantu belajar merupakan semua alat yang dapat digunakan utnuk membantu siswa dalam melakukan perbuatan belajar.

 

 

Dampak Negatif Internet :

–  Membuat malas beraktivitas

–  Tidak tahu waktu

–  Banyaknya situs – situs pornografi

–  Kecanduan

–  Perilaku yang menyimpang

–  Prestasi belajar menurun

–  Suka berbohong

–  Bolos sekolah

–  Tawuran

–  Berkata – kata kotor

Sumber:

http://e-journal.stie-aub.ac.id/e-journal/index.php/probank/article/view/147/127

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3336/1/Kommit2004_Sistem_Informasi_014.pdf

http://eprints.uny.ac.id/10397/1/jurnal.pdf

http://dedeamaliaaa.blogspot.com/2013/12/pti-3-faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s