Tugas Minggu Ke – 4

A. DEFINISI ORGANISASI (ORGANIZING)

Seperti kita ketahui bahwa segala kegiatan selalu mernbutuhkan wadah, yaitu Organisasi. Asal kata dari bahasa Yunani: Organon = alat, bagian, anggota atau badan. Menurut James D. Mooney. Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama. Menurut Chester I. Barnard Organisasi adalah sebagai suatu system dari pada aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Organisasi mempunyai banyak definisi karena organisasi dapat dipandang dari berbagai perspektif. Tetapi bagaimanapun juga ada semacam kesepakatan secara umum yang mengatakan bahwa organisasi pada dasarnya dikembangkan sebagai instrumen dengan pencapaian tujuan tertentu dan cenderung muncul dalam situasi di mana orang ­ orang menyadari manfaat organisasi sebagai jalan terbaik dalam melaksanakan kerja sama.

Jadi organisasi dapat didefinisikan sebagai lembaga sosial yang terdiri atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan dan secara sadar dibentuk dan dikoordinasi dalarn melaksanakan suatu kegiatan tertentu dengan tujuan untuk mencapai hasil – hasil yang telah ditetapkan.

Karena organisasi merupakan sekumpulan orang – orang yang mempunyai pikiran dan berkembang, maka organisasi akan mempunyai suatu bentuk dan hubungan yang bersifat dinamis, yang akan selalu berusaha untuk menyesuaikan dengan perubahan lingkungan eksternal maupun internal.

B. DEFINISI STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi atau Bagan organisasi adalah suatu diagram yang menunjukkan fungsi – fungsi departemen atau posisi dalam organisasi dan bagaimana mereka saling berhubungan. Dalam struktur organisasi tergambar adanya :

  1. Pembagian pekerjaan
  2. Pimpinan dan bawahan
  3. Type – type pekerjaan yang harus dilaksanakan
  4. Tingkatan – tingkatan dalam manajer

Menurut A.F. Stoner (1982), Struktur organisasi tergantung pada variabel – variabel kunci, yaitu :

  1. Strategi menentukan macam dan besar kecilnya suatu organisas Contoh pemilik proyek menentukan strategi pelaksanaan pembangunan atas dasar harga kontrak tetap maka pengaruhnya sangat besar terhadap struktur organisasi dari konstruksi.
  2. Teknologi mempengaruhi penentuan struktur organisasi karena struktur tertentu lebih sesuai untuk teknologi tertentu dari pada struktur yang lain. Contoh : penggunaan komputer dan sistem informasi canggih dalam proses perencanaan dan pengendalian proyek akan memerlukan kualitas tenaga pelaksana yang berbeda dengan bila memakai cara – cara sederha
  3. Lingkungan tempat beroperasi, faktor ini sangat berpengaruh terhadap penentuan struktur Contoh: lokasi proyek yang jauh terletak dari kantor pusat. Lingkungan yang lebih lengkap baik fasilitas kornunikasi dan prasarana lainnya. Jauh à perlu struktur organisasi lebih lengkap, besar dan kompleks.

Macam – macam struktur organisasi :

  1. Organisasi fungsional

Cirri – ciri:  Proyek ini merupakan bagian dari organisasi fungsional yang dipimpin oleh manager lini kebaikan:

  • Para spesialis tidak tergantung pada proyek tertentu, terdapat kemungkinan untuk menambah pengalaman dan keahlian.
  • Setiap bidang keahlian menimbulkan fleksibilitas dalam pemanfaatan sumber daya.
  • Masing – masing kelompok mempunyai jaminan pekerjaan tetap dan adanya jalur kenaikan pangkat yang cukup jelas.

Kelemahan :

  1. Tidak adanya penanggung jawaban yang khusus mengenai penyelenggaraan proyek secara terpadu.
  2. Kurangnya penekanan pentingnya proyek karena manajer fungsional mengerjakan yang terbaik untuk bidangnya.
  3. Koordinasi horizontal antar bidang dan memerlukan waktu lama lebih – lebih kepada pihak diluar perusahaan
  4. Lambat dalam menanggapi masalah diluar rencana karena informasi perlu disaring melewati beberapa lapisan jenjang fungsiona
  1. Organisasi coordinator

Kelebihan :

  1. Ditunjuk seorang coordinator yang bertugas sepenuhnya mengurusi proye
  2. Ia berfungsi sebagai anggota staf bagi manajer lini dan melaksanakan pimpinannya atas proyek dengan jalan prosedur yang dijalankan bukan seperti wewenang dari manajer lin
  3. Sebagai sumber informasi tentang kemajuan proyek, kesulitan yang dihadapi dan memberikan saran atas perbaikan yang diperlukan

Kelebihan :

Dikarenakan kedudukarmya seperti itu akan sulit baginya melaksanakan pimpinan yang efektif terhadap proyek dikarenakan ia tidak dapat mendesak dan memerintahkan pelaksana proyek agar bertindak cepat dan tepat sesuai dengan keperluan karena wewenang yang dimilikinya hanya terbatas pada menghimbau atau menganjurkan

  1. Organisasi gugus tugas (task force)

Sering disebut organisasi murni, karena disini proyek berstatus mandiri dalam arti terpisah dari bagian organisasi lain dalam perusahaan

Ciri – cirinya:

  1. 1.   Pimpinan proyek mempunyai wewenang penuh dalam pengelolaan proyek.
  2. 2.   Tenaga pelaksana dipindahkan ke dalam organisasi proyek
  3. 3.   Hanya memerlukan sedikit dukungan dari unit fungsional

Kelebihan:

  1. Adanya komando tunggal yang memiliki wewenang dan tanggung jawab yang jelas dan sasaran yang spesifik.
  2. Memungkinkan ditanggapi perubahan dan diambilnya keputusan yang cepa
  3. Adanya status mandiri akan menimbulkan identitas team.
  4. Dengan dipindahkan para spesialis dari organisai fungsional ke dalam organisasi proyek maka jalur komunikasi dan arah kerja lebih pendek.

Kelemahan:

  1. Terlalu mahal biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan
  2. Tidak efisien dengan membagi dan memecah penggunaan sumber daya terutama bila proyek banyak dan tenaga spesialis terbatas serta pada waktu yang bersamaa

4.   Organisasi Matriks

Kelebihan:

  1. Dapat diarahkan pada tujuan bersama yaitu terselesaikannya proy
  2. Bila proyek itu rahasia maka kukungan informasi didalam kelompok kerja itu sangat membantu dalam pengamannnya

Kelemehan:

  1. Bila proyek itu besar hilangnya fleksibilitas kalau pelaksana proyek ada yang sakit
  2. Bila tidak terletak dalam satu atap maka manajer proyek akan memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan masalah kepegawaian dan teknik
  3. Bila proyek selesai maka organisasi dibubarkan akibatnya akan menimbulkan trauma pada sebagaian anggota dan bila diperlukan sudah tidak ada pelaksananya lagi.

C. PENGORGANISASIAN SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi peorganisasian adalah kegiatan dalam menentukan macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan kegiatan – kegiatan beserta orang – orangnya yang sesuai dengan kegiatannya disertai adanya perndelegasian wewenang. Ada empat bagian penting yang perlu diketahui dalam pengorganisasian yaitu:

  1. Staffing

Staffing merupakan suatu kegiatan yang melakukan pembagian kelompok ­ kelompok kerja menurut jenisnya beserta pengisian orang – orang yang sesuai dengan keahliannya.

  1. Delegation of Authority

Yaitu pendelegasian wewenang dari seorang atasan kepada bawahannya sesuai dengan struktur organisasi maupun kedudukan bawahan atau kemampuan bawahan.

  1. Departementasi

Yaitu pengelompokan kegiatan – kegiatan yang sejerus untuk kemudian dipisahkan dengan kegiatan yang lainnya dimana diantara pengelompokan kegiatan tersebut tetap terjalin koordinasi dalam bekerja sarna.

  1. Personalia

Kepegawaian ini sangat penting dalam hubungannya dengan para bawahan baik hubungan yang bersifat formal (sesuai dalam struktur organisasi) maupun informal (timbul karena kebutuhan sosialisasi diri anggota).

  1. Pola Organisasi

Pola organisasi dibagi menjadi dua bagian yaitu organisasi formal dan organisasi informal. Umumnya setiap organisasi formal biasanya mengandung kedua unsure pola tersebut dimana organisasi formalnya yang dijadikan pedoman tegas dalam dalam struktur organisasinya. Sedangkan organisasi informal akan dengan sendirinya muneul karena kebutuhan karyawan untuk bermasyarakat atau bersosialisasi dengan dan berhubungan dengan karyawan yang lain.

  • Organisasi Formal

Organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan menggunakan sistem tugas. hubungan wewenang, tanggung jawab rnaupun pertanggungjawaban   dirancang oleh manajer agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama.

Dalarn organisasi formal semua hubungan kewenangan maupun responsibility akan terlihat dalam bagian struktur organisasi perusahaan, dimana pada bagan tersebut akan diperlihatkan seberapa besar wewenang maupun tanggung jawab yang harus dipikul untuk rnasing – masing pekerjaan yang merupakan bagian dari pekerjaan yang lebih besar dengan (sasaran yang tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan).

Pada bagan struktur organisasi perusahaan ada empat hal yang penting untuk dimengerti dan dipahami sehingga dalam menjalankan tugas atau pekerjaan yang telah menjadi bagian masing – masing tidak terjadi kebimbangan. Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun bagan struktur organisasi adalah wewenang, tanggung jawab, koordinasi maupun pendelegasian wewenang.

  • Organisasi Informal

Organisasi informal pada struktur organisasi tidak akan terlihat tetapi akan selalu mengikuti keberadaan organisasi formal, Organisasi informal ini keberadaannya tidak direncanakan tetapi terjadi secara otomatis karena hubungan antar perseorangan pada sesama anggota organisasi formal (perusahaan).

Organisasi informal merupakan organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama. Organisasi informal ini terjadi karena adanya komunikasi antar sesama karyawan yang dengan cepat menyebarkan informasi melalui

Sumber:

http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_bisnis/Bab_2.pdf

http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_bisnis/Bab_1.pdf

http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_proyek/bab3_perencanaan_pelaksanaan_dan_pengawasan_proyek.pdf

http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_umum_%28untuk_stmik%29/bab4_perencanaan_tujuan_dan_pembuatan_keputusan.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s